" Berusaha Untuk Selalu Menjadi Yang Terbaik "

Memiliki pasangan yang pencemburu memang menyakitkan, lebih-lebih cemburunya sampai pada hal-hal yang kadang di luar nalar, seperti cemburu pada televisi.Tetapi menghindari atau meninggalkan pasangan yang pencemburu sepertinya juga bukan pilihan yang terbaik.

Cemburu adalah emosi yang muncul sebagai reaksi terhadap ancaman yang mungkin bisa membuat seseorang kehilangan perhatian dari seseorang yang dianggap penting baginya. Orang tersebut menganggap perhatiannya diberikan pada orang lain.

Jadi, saat pasangan berbicara pada orang lain, pasangan yang lain mulai was-was dan takut kehilangan perhatian karena perhatiannya akan pindah ke orang yang diajak bicara tersebut. Rasa kehilangan tersebut bisa muncul secara berlebihan karena pasangan yang cemburu makin merasa terancam dan keinginan untuk memiliki secara total. Orang lain tidak boleh memilikinya.

Tips untuk mengatasi rasa cemburu adalah membangun, memelihara dan menjaga sikap saling percaya.Usahakan juga untuk menjalin hubungan setara.Sedapat mungkin, ketika masalah yang berbau rasa cemburu diselesaikan hingga tuntas dan tidak berlarut-larut.

Percayalah

Sebuah hubungan dibangun dan dipertahankan bukan hanya karena adanya cinta, namun juga karena kepercayaan.Jika sebuah isu tak sedap bergaung tentang pasangan, maka sebaiknya saling meingatkan.Lebih penting dari itu adalah percayalah kepada pasangan melebihi siapapun.

Terima kenyataan

Meski telah meyakinkan pasangan tentang pentingnya kepercayaan terhadap satu sama lain, namun hal tersebut sering tak berarti  untukmengabaikan keberadaan isu yang muncul. Hadapi kenyataan bahwa pasangan berhak untuk merasa was-was dan tidak aman karena mendengar kedekatan dengan orang lain. Berpikirlah positif bahwa itu tandanya pasangan masih sayang.

Jelaskan

Luruskan dan jelaskan pada pasangan tentang bagaimana keadaan atau peristiwa yang sebenarnya.Apa saja yang telah terjadi, bagaimana sebenarnya hubungan dengan orang lain tersebut, dan sebagainya.

Dengarkan versinya

Setelah menjelaskan dengan detail tentang keadaan yang sebenarnya, maka harus bersedia pula mendengarkan alasan cemburu. Siapa tahu ternyata pasangan lebih mengenal atau tahu maksud tersembunyi dari sikap baik orang lain tersebut.

Rundingkan jalan keluarnya

Setelah sesi mendengarkan masing-masing pihak selesai, maka kini saatnya bagi untuk duduk bersama membicarakan tentang langkah apa yang harus diambil demi kenyamanan berdua.

Yang pasti harus ada keterbukaan antar pasangan.Lebih dari pasangan sebaiknya menyepakati peraturan hubungan bersama-sama, misalnya boleh bertemu bila memang harus, namun tak boleh hanya berduaan saja, dan sebagainya.

Dalam kondisi yang normal, rasa cemburu akan segera terobati bila ada penjelasan dan jalan keluarnya. Namun, dalam beberapa kasus rasa cemburu tidak bisa dihilangkan.Menurut pada ahli psikologi hal tersebut mungkin terjadi pada pribadi yang egoistik, cenderung mementingkan diri sendiri, ambisius, dan berpandangan sempit.Demikian juga orang yang memiliki tipe kelekatan ambivalen umumnya sangat pencemburu.

Rasa cembur yang tidak bisa hilang banyak sebabnya.Untuk mengatasinyapun diperlukan waktu yang sangat panjang.Bahkan jika telah mengancam hubungan sebaiknya berkonsultasi dengan ahlinya.Satu hal yang penting mengatasi rasa cemburu pasangan adalah sabar. Emosi hanya akan memperburuk situasi.

 

(sumber : OktoMagazine.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: